Kisah Orang Sukses Yang Memulai Dari Nol

Tanpa disadari, banyak kisah orang sukses di sekitar kita yang bisa menjadi inspirasi dalam memulai usaha atau menjalankan bisnis sendiri.

Ini karena orang-orang sukses ini memulai karirnya dari nol, bahkan dari hidup miskin.

Berikut adalah beberapa di antaranya. Yang pertama ada Rajkumar Gupta, pendiri Mukti Group di India.

Ia juga merupakan perintis serta pembuat konsep arsitektur modern Kolkota. Jalan karirnya berawal dari bekerja di perusahaan kecil yang hanya menggajinya Rp150.000 per bulan.

Rajkumar kemudian berpindah perusahaan di mana ia belajar trik dalam perdagangan hingga akhirnya ia sanggup untuk membuka bisnis sendiri.

Kisah orang sukses kedua adalah Francois Pinault.

Ia sempat berhenti sekolah karena gangguan dari teman-temannya yang kerap mengejek kemiskinannya.

Namun kini, Pinault telah menjadi salah seorang konglomerat di bidang fashion.

Ia juga memiliki rumah mode high endnya sendiri yang terdiri dari brand-brand ternama dunia seperti Gucci, Yves Saint Laurent, Stella McCartney dan Alexander McQueen.

Sebagai pengusaha, Pinault terutama dikenal akan taktik predator di mana ia seringkali membeli perusahaan-perusahaan kecil yang harganya murah saat pasar sedang jatuh.

Kisah berikutnya yang tak kalah menginspirasi adalah Ashish Thakkar.

Ia termasuk salah satu korban selamat genosida Rwanda di tahun 1994.

Bencana itu membuat keluarganya jatuh miskin karena orangtuanya kehilangan semua harta yang ditabung selama puluhan tahun.

Baru di umur 15 tahun, Ashish berhasil mendapatkan keuntungan pertama dari menjual komputer ke keluarga salah seorang teman.

Ia kemudian meminjam uang dari bank agar dapat mengimpor floppy disk dan juga produk komputer lain dari Dubai.

Tak disangka, inilah yang kelak menjadi cikal bakal dari perusahaan bernama Mara Group.

Kisah orang sukses Ashish Takkar ini berlanjut saat ia membuka kantor sendiri di negara Dubai dan mulai menjual produk ke berbagai perusahaan di seluruh Afrika.

Mara Group terus tumbuh di bawah kepemimpinannya. Kini, perusahaan miliknya itu juga turut merangkap sebaai infrastruktur telekomunikasi, hotel, kemasan, pusat konferensi, pabrik kertas, pusat perbelanjaan hingga tanah pertanian.

Berikutnya ada Steve Jobs yang merupakan sosok di balik merk gadget ternama Apple.

Kesuksesan Steve Jobs tidak didapat dalam satu malam.

Ia lahir tanpa orangtua dan diadopsi keluarga yang kurang mampu. Steve bahkan tidak sempat menamatkan kuliahnya di Harvard.

Namun hal tersebut tidak menghentikannya untuk memulai perusahaan Apple Computers bersama Steve Wozniak di dalam garasi.

Perusahaan binaannya itu memproduksi aneka gadget seperti komputer, pemutar musik, hingga handphone yang sampai saat ini masih memiliki nama besar dan bergengsi tinggi.

Demikian adalah lima kisah orang suskes yang mengawali karirnya dari nol. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk kita semua.
Share on Google Plus

About Dwi Rian

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar